Persiapkan Pelaksanaan PLP II, LPPM UNIMED Gelar Rakor dengan Kepala Sekolah Mitra

0
Share

Lembaga Penilitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat mengadakan Rapat Koordinasi dengan Kepala Sekolah Mitra pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II Mahasiswa Unimed Tahun 2021 secara daring melalui platform zoom, pada Selasa (28/9). Rapat yang dibuka Rektor Unimed ini dihadiri dua narasumber ahli yakni : Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd selaku ketua senat Unimed dan Dr. Restu, M.S. selaku wakil Rektor I Bidang Akademik Unimed. Acara ini turut dihadiri Jajaran Wakil Rektor, Dekan, Direktur PPs, Ketua Lembaga, Wakil Dekan, dan Dosen pembimbing di lingkungan Unimed serta 220 Kepala Sekolah Mitra Universitas Negeri Medan.

Dalam Sambutannya Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih atas kerjasama dan bantuan Bpk/Ibu Kepala Sekolah Mitra dalam mendukung dan mensukseskan kegiatan PLP II mahasiswa Unimed Tahun 2021 ini. Semoga kita terus dapat bekerjasama dan bersinergi dalam mewujudkan sekolah yang bermutu di Sumatera Utara ini, serta dalam melahirkan guru-guru professional melalui kampus hijau Universitas Negeri Medan.

Lanjut Rektor, “Pelaksanaan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II yang akan kita laksanakan bersama nantinya merupakan salah satu kegiatan akademik bagi mahasiswa Prodi Kependidikan di Unimed. Kegiatan program PLP II ini kita harapkan dapat mendukung kegiatan pengembangan Tri darma Perguruan Tinggi sesuai dengan visi Unimed agar menjadi universitas yang unggul dalam bidang pendidikan, rekayasa industri dan budaya. Melalui program PLP II ini diharapkan mahasiswa sebagai calon pendidik (guru) akan lebih memahami, mengetahui, menghayati, menjiwai dan memiliki kemampuan kritis dan analitis terhadap profesinya kelak”.

Prof. Syawal Gultom, selaku narasumber utama dalam pemaparan materinya mengatakan peran PTK dan sekolah mitra pada proses perjalanan panjang sang guru professional. Guru professional tidak boleh takluk pada tekanan politik local, tidak boleh takluk pada tekanan birokrasi tapi sang guru professional itu takluk pada cita-cita anak bangsa Indonesia, takluk pada mengantarkan anak bangsa ke peradaban baru. Siapa sang guru professional yang dimaksud, dialah yang mengantarkan anak ke masa depan ke peradaban baru sesuai cita-cita leluhur.

Prof.Dr. Baharuddin, M. Pd. selaku Ketua LPPM, menyampaikan bahwa, “Mahasiswa angkatan 2018 yang telah memenuhi persyaratan mengikuti mata kuliah PLP II yang akan dilaksanakan pada semester ganjil Tahun 2021-2024. Pelaksanaan PLP II bagi Mahasiswa Unimed masih berada pada masa pandemic dan new normal yang kita hadapi saat ini, sehingga pelaksanaan PLP II harus mengikuti protocol kesehatan dan mahasiswa Unimed masih melaksanakan perkuliahan secara daring. Sehingga pelaksanaan PLP II masih dilaksanakan secara daring, jumlah mahasiswa peserta PLP II sebanyak 3649 orang peserta dari 7 fakultas berada pada 36 prodi dan 1 program bilingual dengan 220 sekolah mitra yang dibimbing oleh 385 DPL. (HumasUnimed/fg)