Sosialisasi Proposal Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat

0
Share

Peneliitan dan Pengabdian kepada Masyarakat merupakan salah satu tri dharma perguruan tinggi yang menjadi tuntutan profesi dosen sebagai profesional pendidik kepada masyarakat. Untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas usulan dosen dalam melaksanakan program pengabdian kepada masyarakat di lingkungan UNIMED”, itulah ungkapan dari Prof. Dr. Abdul Hamid.K., M.Pd Wakil Rektor I Universitas Negeri Medan saat membuka kegiatan sosialisasi penyusunan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di Gedung Digital Library Universitas Negeri Medan 29/04/2019. Dalam acara pembukaan kegiatan tersebut dihadiri Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc, Ph.D, para Dekan dilingkungan Unimed, dan Kepala Lembaga Penelitian Pengabdian Masyarakat Unimed.

Kepala LPPM Dr. Kustoro Budiarta M.E menyampaikan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang lolos didanai oleh dana BOPTN. “Kami mengundang narasumber dari Politeknik Negeri Semarang Dr. Suparni Setyowati Rahayu, M.Si., dan Petrus Setyo Prabowo, ST., MT. dari Universitas Sanata Dharma, Yogyakarta. Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari, Senin-Selasa 29-30/04/2019, yang mana dihari pertama fokus membahas tentang penyusunan proposal pengabdian kepada masyarakat dan besok akan dibahas tentang penyusunan proposal penelitian.” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan, LPPM Unimed akan terus berupaya menghasilkan program pengabdian yang berbasis produk unggulan yang dapat menjadikan kita sebagai pusat inkubator produk/jasa berbasis teknologi tepat guna, yang kebermanfaatannya dapat digunakan oleh berbagai lapisan masyarakat dan industry, baik di lingkup wilayah Sumatera Utara maupun nasional. Lebih lanjut Dr. Kustoro mengatakan, kedua narasumber dikegiatan coaching clinic ini akan fokus membahas berbagai cara dan teknis agar dapat memenangkah hibah dan sukses melaksanakan pengabdian kepada masyarakat, terutama pemilihan tema yang menarik dan sesuai dengan kebutuhan masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan dan tema lainnya, bagaimana strategi bagi dosen pengusul program pengabdian kepada masyarakat agar proposal yang diajukan dapat memenuhi kualifikasi sebagaimana yang dituntut didalam hibah dengan skema mono tahun maupun multi tahun yang didanai oleh DRPM Kemenristekdikti.