Optimalisasi Pemasaran dan Produksi Kue Donat Rumah Tangga di Desa Bandar Khalipah

0
Share

Desa Bandar Khalipah terletak di Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Tahun 2020, industri rumah tangga yang tergolong dalam Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Bandar Khalipah Berjumlah 69. Namun sejak April 2020, pendapatan pelaku UMKM mengalami penurunan sangat drastis hingga 80 % yang diakibatkan oleh wabah Covid-19. Salah satu UMKM yang terdampak negatif adalah usaha pembuatan donat yang terletak di dusun VIII. Oleh karena itu, memalui program pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan pendampingan dan pelatihan untuk meningkatkan pemasaran dan produksi donat. Pelatihan dan pendampingan tersebut meliputi produksi, diversifikasi produk, branding, penggunaan alat, dan pemasaran. Dari hasil pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan terhadap mitra, penjualan rata-rata setiap minggu meningkat menjadi 40 – 60 %.

Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 5 Juli s/d 2 Agustus 2021 di “Dusun VIII Desa Bandar Khalipah Kecamatan Percut Sei Tuan” Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan produksi dan penjualan produk Donat oleh mitra karena dampak pandemi Covid-19 yang mengakibartkan produksi menurun. Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Dosen Fakultas Teknik Universitas Negeri Medan yang diketuai oleh Bakti Waluyo S.Pd.,M.T dan tiga orang anggota yaitu Charles Franciscus Ambarita, S.Pd., M.Si., Ajeng Inggit Anugerah, S,Pd., M.Pd.,dan Safri Gunawan, S.T., M.T. Ikut serta juga 5 orang mahasiswa Fakultas Teknik Unimed, dan sejumlah orang peserta dari Mitra PKM.

Pada kegiatan ini, mitra diberikan pelatihan mulai dari pemilihan bahan sampai penggorengan. Anggota tim yang menjadi tentor dalam bidang produksi adalah Ajeng Inggit Anugerah, S,Pd., M.Pd., Diversifikasi terhadap produk donat dengan memberikan varian rasa terhadap toping. Memberikan pelatihan bagimana membuat toping donat agar lebih menarik. Kegiatan pelatihan selanjut nya adalah mengetahui dan memahami pentingnya membungkus (packaging) kue donat agar tampak menarik dan juga dapat tahan lama. Pada tahap ini, koordinator dipercayakan terhadap Safri Gunawan, S.T., M.T., pemasaran secara online yaitu lebih memanfaatkan pemasaran dengan memanfaatkan media sosial dengan memberikan pengetahuan dan pemahaman kepada mitra tentang pentingnya media sosial. Pada pelatihan ini koordinator dipercayakan kepada Charles Franciscus Ambarita, S.Pd., M.Si. Dengan didanai oleh PNBP Unimed 2021, tim PKM menyediakan mixer dengan kapasitas 10 Liter / 5 Kg adonan.

Untuk meningkatkan jumlah meningkatkan jumlah produksi dan pemasaran. dengan melakukan pembaharuan terhadap kemasaran dan promosi melalui media online. setelah dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini. Rekap hasil penjualan dihimpun dari catatan pembukuan mitra, yang berasal dari penjualan offline dan online,didapatkan hasil bahwa pada Bulan Juli minggu ke III dan ke IV dimana belum diterapkannya penjualan secara online berhasil menjual donat sebanyak 148 dan 223. Sedangkan setelah dilakukan penjualan melalui instagram (IG), Grabfood, Gofood pada minggu ke I dan II pada Bulan Agustus diperoleh total penjualan donat 747 dan 1172.