Matching Fund 2022 Sudah Dibuka – Kedaireka

0
Share

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) secara resmi meluncurkan platform Kedai Reka. Kedaireka adalah solusi terkini dalam mewujudkan kemudahan sinergi kontribusi perguruan tinggi dengan komersialisasi industri untuk kemajuan bangsa Indonesia, yang sejalan dengan visi Kampus Merdeka Kemendikbud RI.

Program Matching fund adalah program pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang merupakan program penguatan kolaborasi antara PT dengan DUDI untuk secara bersama-sama membentuk ekosistem Merdeka Belajar – Kampus Merdeka. Pada akhir program diharapkan akan terbangun kolaborasi PT dengan DUDI yang lebih baik dan berkelanjutan serta berkontribusi untuk menyelesaikan permasalahan nyata di lapangan atau berkontribusi terhadap implementasi kebijakan strategis nasional.Skema program Matching fund ini dapat dimanfaatkan untuk: 

  1. Melipatkan pendanaan riset pengembangan, inovasi, dan penerapan hasil penelitian di perguruan tinggi melalui pendanaan bersama pemerintah dan DUDI.
  2. Membangun sinergi sharing pembiayaan riset dan pengembangan yang dilakukan perguruan tinggi dan DUDI.
  3. Memperluas dan meningkatkan dampak positif kegiatan perguruan tinggi bersama DUDI dikarenakan kapasitas pembiayaan bagi kegiatan kerja sama tersebut akan meningkat melalui skema pendanaan matching fund dari pemerintah.
  4. Mendorong penciptaan produk atau jasa yang inovatif untuk diproduksi massal oleh industri dan kemudian dimanfaatkan masyarakat melalui pemberian dana dari pemerintah (matching fund) untuk mengaplikasikan hasil-hasil penelitian yang dilakukan perguruan tinggi melalui kegiatan kerja sama dengan DUDI.
  5. Mendorong perguruan tinggi dan DUDI untuk membangun bisnis berbasis iptek dan wirausaha.
  6. Mendorong pengembangan Pusat Unggulan Teknologi atau Centre of Excellence bersama dengan DUDI yang bidang ilmu dan teknologinya relevan dengan kebutuhan DUDI.
  7. Menjadi ajang program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka dari perguruan tinggi pengusul dan DUDI yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi sendiri serta dapat ditawarkan ke mahasiswa perguruan tinggi lainnya.

Tahun 2022 Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengalokasikan anggaran Program Matching fund. Perguruan tinggi dan DUDI menyepakati kemitraan melalui Kedaireka, yang kemudian diikuti dengan pengajuan proposal matching fund ke Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Berikut adalah Panduan dan Link Program Matching Fund 2022

Informasi lebih lanjut pada laman Kedaireka