LPPM UNIMED Kembangkan Inovasi Hidroponik Rumahan pada Masyarakat Desa Paya Gambar

0
Share

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM Unimed) telah melakukan sosialisasi peningkatan pemahaman dan kesadaran tentang pentingnya pemberian nilai tambah ekonomi dalam rangka peningkatan ketahanan pangan masyarakat melalui pembuatan inovasi instalasi hidroponik rumahan di desa Paya Gambar Kecamatan Batang Kuis, terutama dimasa-masa sulit ekonomi sebagai dampak wabah pandemi covid-19. Kegiatan pengabdian ini merupakan tindak lanjut dari kegiatan pengabdian tahun 2019 dan 2020. Pada tahun 2019 telah dilakukan edukasi program nasional SLBM khususnya tentang pembentukan Kelompok Sadar Lingkungan (Pokdarling) dan inovasi teknologi untuk pemeliharaan drainase lingkungan.

Pada tahun 2021 mengedukasi masyarakat tentang upaya peningkatan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan penyebaran virus Corona (covid-19) di lingkungan masyarakat dan pencegahan dalam pola klaster keluarga, serta pemberian inovasi fasilitas kebersihan masyarakat dalam bentuk pencuci tangan tanpa sentuh. Selama dua bulan terakhir telah dilaksanakan sosialisasi, pembinaan, dan pemdampingan peningkatan kesadaran masyarakat tatacara pemanfaatan lahan sempit dan proses pembuatan instalasi hidroponik rumahan dengan dukungan dana hibah kompetisi pengabdian dari BOPTN Universitas Negeri Medan.

Tim Pengabdian Unimed yang melakukan pendampingan dalam program pengabdian masyarakat tersebut adalah Dr. Darwin, ST., M,Pd sebagai ketua dan didukung oleh anggota Dr. Dwi Wahyuni Nurwihastuti, S.Si., M.Sc; Dr. Mufti Sudibyo, M.Si, dan Drs. Anam Ibrahim, M.Pd. Dr. Darwin kepada reporter Humas mengatakan “kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan lahan sempit di pekarangan rumah masing-masing untuk peningkatan ketahanan pangan masyarakat melalui pembuatan inovasi hidroponik rumahan. Selain itu memberikan 5 unit instalasi hidroponik percontohan yang penempatannya 1 unit di kantor kepala desa dan yang lain ditempatkan 4 dusun yang ada di desa Paya Gambar.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini didukung penuh oleh Kepala Desa Paya Gambar Viktor Silaban dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Alibonar Siregar, dukungan empat kepala dusun serta masyarakat, secara keseluruhan kegiatan telah berjalan dengan baik dan lancar. Aparat Desa dan masyarakat mengikuti kegiatan dengan serius dan antusias karena materi dan kegiatan yang dilakukan sesuai dengan kebutuhan mendasar masyarakat desa.

Kepala desa melalui Sekretaris desa Paya Gambar Azwar mengatakan “Pemerintahan Desa dan masyarakat sangat berterima kasih kepada pihak LPPM Unimed dan khususnya kepada Tim Pengabdian yang telah melakukan pendampingan dan sosialisasi pembuatan inovasi hidroponik rumahan percontohan”. Menurut Ketua BPD Alibonar Siregar mengatakan bahwa “Kegiatan pengabdian ini telah mampu meningkatkan kesadaran masyarakat untuk memanfaatkan lahan sempit pekarangan rumah dengan tanaman hidroponik rumahan”. Diharapkan hasil pengabdian kepada masyarakat ini memberikan semangat dan kesadaran kepada masyarakat untuk dapat menindaklanjuti melalui tindakan nyata secara berkelanjutan dalam pembudidayaan tanaman dilahan sempit melalui inovasi hidroponik rumahan. (Humas Unimed/zr)