LPPM Unimed Gelar Sosialisasi Panduan Penelitian dan Pengabdian secara Daring

0
Share

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menggelar kegiatan Sosialisiasi Panduan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat secara online yg dilaksanakan pada Selasa, 5 Mei 2020. Narasumbernya adalah Prof. Dr. Baharuddin, M.Pd (Ketua LPPM Unimed) dan Dr. Hesti Febriasari, M.Hum, (Sekretaris LPPM Unimed). Peserta sosialiasi ini adalah seluruh fungsionaris fakultas, ketua jurusan dan ketua program studi, dan seluruh dosen Unimed. Peserta sosialisasi yakni seluruh dosen dan fungsionaris berada di rumah masing-masing.

Kegiatan sosialisasi tentang panduan penelitian dan pengabdian kepada seluruh dosen ini menjadi penting dan strategis, alasannya adalah pertama, bahwa skim Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat tahun 2020 mengalami perubahan dibanding tahun 2019. Perubahan skim PPM ini otomatis membawa perubahan juga terhadap pemahaman tehadap penyusunan proposal PPM, jadi sosialisasi ini menjadi penting. Kedua, Kegiatan sosialisasi ini menjadi penting untuk meningkatkan minat dan kemauan dosen untuk terlibat langsung pada penelitian dan pengabdian masyarakat melalui penyusunan proposal sesuai minat dosen. Ketiga, PK Rektor Unimed di mana diberikan amanah 65 tulisan yang dimuat pada jurnal internasional, prosiding internasional terindeks scopus.

Prof. Dr. Baharuddin, selaku narasumber, memaparkan materi tentang mekanisme dan prosedur dalam mengusulkan usulan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Unimed untuk didanai tahun 2020 ini. Karena jumlah dana telah ditentukan oleh Rektor, dan tidak bisa diberikan kepada semua dosen secara perseorangan, maka kita kompetisikan secara onjektif. Semua proposal yang masuk ke sistem kita, akan kita seleksi dan semua pengusul harus mempersentasikan proposalnya dihadapan tim penilai yang telah kita tentukan. Kita telah mempublikasikan buku pedoman penelitian dan pengabdian, kami berharap Bapak/Ibu dosen dalam mecermatinya dan menyesuaikan minat dan keilmuan masing-masing untuk menyusun proposal penelitian dan pengabdian untuk didanai tahun ini. Saya yakin semua dosen Unimed pasti bisa mengusulkan proposal penelitian dan pengabdian. Jika ada kendala silahkan hadir ke kantor LPPM atau bisa kontak kami, pasti akan kami bantu menjawab permasalan yang Bapak/Ibu alami, tutup Prof. Baharuddin.