LPPM UNIMED Gelar Sosialisasi Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian Tahun 2022

0
Share

LPPM Unimed menggelar sosialisasi buku panduan penelitian dan pengabdian Unimed tahun 2022 secara daring, dengan menggunakan aplikasi zoom meeting pada Senin (17/1). Acara tersebut dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. Dengan narasumber Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Ketua Senat Unimed) dan Prof. Dr. Baharuddin, ST., M.Pd. (Ketua LPPM Unimed).

Acara tersebut diikuti oleh Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, dan dosen fungsionaris se-lingkungan Unimed. Kegiatan ini berperan dalam mensosialisasikan, menyampaikan, dan menjelaskan kepada seluruh dosen Unimed, agar hasil kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat nantinya dikelola secara professional dan akan menjadi potensial dalam rangka menguatkan Univeristas Negeri Medan.

Dalam sambutannya Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes. mengatakan Kegiatan yang kita laksanakan ini merupakan suatu kegiatan yang penting untuk diikuti bagi seluruh pimpinan dan seluruh fungsionaris di lingkungan Unimed. Kita semua harus sama-sama berperan dalam mensosialisasikan, menyampaikan, dan menjelaskan kepada semua dosen dilingkungan fakultas/pascasarjana hingga program studi. Agar semua dosen di Unimed termotivasi dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian yang nantinya akan diseleksi tim reviewer dan didanai melalui dana PNBP Tahun 2022 ini. Buku panduan penelitian dan pengabdian yang telah disusun oleh LPPM ini sudah sangat refresentatif dan mudah dimengerti oleh semua orang. Kita berharap panduan ini segera sampai kepada semua dosen, dan bila perlu ada diskusi kecil di tingkat Prodi untuk menyatukan pandangan dan komitmen bersama dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian pada masyarakat di tahun 2022 ini.

Selanjutnya Rektor mengatakan, Kami pimpinan sangat berharap agar penelitian dan pengabdian yang akan dilaksanakan oleh dosen Unimed tahun 2022 ini, dapat kita arahkan untuk menjawab agenda pembangunan nasional dalam RPJMN tahun 2020–2024 yang terkait dengan pendidikan, yakni Meningkatkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan berdaya saing. Arah kebijakan pembangunan untuk meningkatkan sumberdaya manusia yang berkualitas dan berdaya saing terkait dunia pendidikan dilakukan melalui 2 (dua) strategi yaitu: 1) pemerataan layanan pendidikan berkualitas, dan 2) peningkatan produktivitas dan daya saing. Kemudian menindak lanjuti mandat yang diberikan pemerintah, bahwa tahun 2022 ini Unimed telah melakukan kontrak kinerja dengan kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Pendidikan Tinggi, serta Kementerian Keuangan berupa Kontrak Kinerja Rektor Unimed tahun 2022. Beberapa indikator yang diberikan kepada Unimed sangat berkaitan dengan bidang penelitian dan pengabdian masyarakat antara lain: 1) Jumlah Publikasi Internasional, 2) Jumlah Kekayaan Intelektual yang didaftarkan, 3) Jumlah Prototipe Industri, dan 4) Jumlah Produk Inovasi.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam materinya menjelaskan standart penilaian penelitian adalah proses dan hasil penelitian yang dilakukan secara terintegrasi dengan prinsip penilaian paling sedikit edukatif, objektif, akuntabel, dan transparan yang merupakan penilaian yang sesuai prosedur dan hasil penilaiannya dapat diakses oleh semua pemangku kepentingan. Kemudian harus memperhatikan kesesuaian standar hasil, standar isi, dan standar proses penelitian. Penggunaan metode dan instrument yang relevan, akuntabel, dan dapat mewakili ukuran ketercapaian kinerja proses dan pencapaian kinerja hasil penelitian dengan mengacu ketentuan dan peraturan di perguruan tinggi. Kemudian strategi LPPM mengadakan sosialisasi kegiatan LPPM, pelatihan pendampingan dan konsultasi dengan berbagai mitra, seminar hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lokakarya dan pertemuan ilmiah, memfasilitasi berbagai kegiatan ilmiah, kelompok-kelompok diskusi, fasilitasi jurnal ilmiah prosiding dan seminar dan dipergunakan untuk income generate kepada masyarakat dan stakeholder.

Prof. Dr. Baharuddin memaparkan materi tentang mekanisme dan prosedur dalam mengusulkan usulan penelitian dan pengabdian pada masyarakat di Unimed untuk didanai tahun 2022 ini. Di dalam buku panduan itu yang paling kita tekankan adalah dasar-dasar terapan, kalau dasar dan inovasi memang sedikit ketat karena yang bisa dikategorikan untuk maju ke terapan inovasi adalah yang sudah di TKT 6  ke menuju TKT 7. Maka untuk langkah selanjutnya nanti kita akan menyeleksi yang memenuhi syarat untuk TKT 6 ke TKT 7 untuk penelitian penerapan inovasi. Kita telah mempublikasikan buku pedoman penelitian dan pengabdian, kami berharap Bapak/Ibu dosen dalam mecermatinya dan menyesuaikan minat dan keilmuan masing-masing untuk menyusun proposal penelitian dan pengabdian untuk didanai tahun ini.(Humas Unimed/dv)